14 Maret 2009

Jenis Bisnis Online

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, banyak cara orang dalam mencari uang melalui internet. Dari beberapa literatur dan tawaran bisnis di internet kita bisa menemukan beberapa model bisnis yang ditawarkan diantaranya :


1. Bisnis Affiliasi
Bisnis ini cocok jika anda tidak mempunyai produk untuk dijual, model bisnis ini kita hanya menjual produk orang lain. Dari penjualan yang dihasilkan, kita bisa mendapatkan komisi yang besarnya antara 5% sampai dengan 60% dari harga produk yang terjual.
contoh model bisnis ini : amazon.com

2. Membuka Toko Online
Bila anda mempunyai produk sendiri, baik berupa jasa ataupun produk yang bersifat unik maka anda bisa pasarkan melalui toko online, dimana dalam bisnis ini anda perlu perhatian khusus dalam hal pengiriman barang, sistem pembayaran, dan sistem garansi jika barang tersebut rusak atau hilang dalam proses pengiriman di tengah jalan. Jika anda pemula dalam bisnis ini sebaiknya coba saja produk dalam bentuk ebook karena selain mudah membuatnya juga mudah dalam proses pengirimannya. Komisi dalam bentuk bisnis ini bisa anda tentukan sendiri berapa besar yang anda ingin dapatkan.

3. Bisnis Reseler
Model bisnis ini prinsipnya hampir sama dengan bisnis affiliasi, hanya saja bedanya dalam komisi yang kita dapat lebih besar berkisar sekitar 40% s/d 60% dari transaksi yang terjual. syaratnya kita harus bergabung terlebih dahulu dengan situs tersebut dengan membeli produk mereka sehingga kita bisa jual ulang/reseler.
contoh bisnis model ini : internetsukses dan uangpanas

4. Publisher
Model bisnis ini sangat menarik, karena anda tidak menjual produk atau jasa sama sekali. Anda hanya membuat situs/blog yang berisi informasi unik yang orang lain butuhkan. Model bisnis ini sama sekali tidak memerlukan modal karena anda bisa memulai hanya dengan sebuah blog yang gratisan.
Dari keempat contoh model bisnis internet diatas, mungkin anda sudah bisa menentukan model bisnis mana yang sesuai dengan bakat, minat dan modal yang dimiliki oleh anda.

selamat mencoba !


2 komentar:

Anonim mengatakan...

saat ini aku belum semangat lagi main bisnis on line. masih kesel ama PTC luar negri yang brengsek itu...

BTW, dah dapat berapa sob dari bisnis on line ?

mo x link ?

Tongkonan mengatakan...

Daftar Jenis bisnis online di atas Kayaknya masih banyak yang kurang bro!

Banner Sahabat